PENTINGNYA PERHATIAN ORANGTUA UNTUK ANAK

PENTINGNYA PERHATIAN ORANGTUA UNTUK ANAK


Anak di zaman modern seperti sekarang ini wajib di beri arahan secara extra. Karena semakin bertambahnya umur seorang anak akan mempunyai rasa keingintahuan yang sangat tinggi dan luas.
Dengan adanya teknologi yang sangat maju, dibutuhkan juga pengawasan yang extra untuk anak, serta perhatian yang cukup. Karena orang tua yang lalai tidak memperhatikan anaknya kemungkinan besar moral anak tersebut bisa rusak karena mudah terpengaruh dari pergaulan diluar yang bisa menjerumuskan.
https://kemlokogodong.blogspot.com 
Hal yang harus di lakukan orang tua terhadap anak :

·         Menjadikan diri sebagai tokoh idola bagi anak 
·         Memberi dan mengembangkan kasih sayang
·         Memberi tauladan
·         Melibatkan diri dalam proses belajar anak
·         Mengajarkan pentingnya kejujuran
·         Mengajarkan sikap tanggung jawab

Sebagai orang tua harus melatih  anak supaya bisa bertanggung jawab dengan apa yang mereka lakukan atau perbuat, dengan begitu anak akan menjadi terbiasa untuk selalu bertanggung jawab dengan apa yang mereka lakukan.

Dan perlu diingat, jika anak atau remaja kurang mendapatkan perhatian dari orang tua, besar kemungkinan dia akan menjadi anak dan remaja yang temperamental. Maka dari itu sebagai orang tua seharusnya memiliki kemampuan untuk memusatkan perhatian pada perilaku positif serta tak lupa pada perilaku buruk anak.

Anak  akan menghadapi bermacam-macam kesulitan dan ketidakstabilan sosial ketika berada dalam lingkungan sosial. Sangat jelas, karena mereka akan menghadapi berbagai macam karakter manusia dan beradat istiadatnya yang berbeda, bahkan mereka juga akan menghadapi berbagai macam penyimpangan perilaku. Oleh karena itu untuk menjaga mereka dari berbagai macam penyimpangan, mereka membtutuhkan ciri-ciri kejiwaan dan moralitas, dan ini tentunya tugas untuk orang tua yang harus menyiapkan fondasinya.

Beberapa Kesalahan Dalam Mendidik Anak

Harapan orang tua tentunya bisa mendidik anak dengan baik dan benar. Akan tetapi juga tidak sedikit orang tua yang melakukan kesalahan dalam mendidik anaknya dan lalai dalam memperhatikan anak, beberapa kesalahan dalam mendidik anak:
  •  Tidak adanya sikap saling percaya antara orangtua dan anak 
  •  Memberikan kasih sayang yang berlebihan
  •  Menyerahkan tanggung jawab pendidikan anak kepada pegawai rumah tangga atau pengasuh.
  •  Membiarkan anak menjadi korban TV
  •  Kurangnya pengawasan untuk anak
  •  Tidak Konsisten
  •  Bersikap Berat Sebelah

Seharusnya orangtua ialah model utama bagi anak, jika orangtua melakukan hal yang salah dalam mendidik anak, maka anak akan memiliki perilaku yang salah. Orangtua seharusnya mengerti dan tahu apa perannya dalam mendidik anak, agar dalam perkembangan perilaku anak tidak menyimpang. Anak yang nakal dan tidak baik akan menjadi sorotan untuk masyarakat, teman, dan gurunya. Orang lain pasti  menganggap bahwa anak menjadi seperti itu, karena kesalahan orangtua dalam mendidiknya.

Anak sangat membutuhkan peranan orang tua sebagai pemimpin, penyemangat, memotivasi dan mendidik. Orang tua harus tegas dan berwibawa di hadapan anak. Orang tua perlu meluangkan waktu untuk bersama anak. Mengenali kemampuan anak, baik kemampuan kognitif, keterampilan, perkembangan emosi, caranya berinteraksi dengan orang lain, dan juga masalah-masalah khusus yang dihadapinya. Orang tua seharusnya menjadi model dalam bergaul, beribadah, berkarya dan belajar. Beberapa kebiasaan yang bisa menjadi kesalahan dalam mendidik harus ditinggalkan.

Ajarkan sopan santun, tolong-menolong, saling berbagi, saling mengasihi, dan sikap toleransi kepada sesama. Orangtua pasti tidak menginginkan anaknya berperilaku nakal dan negatif, semua orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi pribadi yang baik, oleh karena itu orangtua dan para pendidik harus memberi contoh yang baik kepada anak. Jika orangtua dan pendidik tidak baik dalam memberi contoh,bagaimana nanti anak dan murid-muridnya, membekali anak ilmu agama karena agama adalah dasar atau pondasi dalam menjalani kehidupan, mengajari mereka bersikap dan berperilaku yang baik menurut agama, memperhatikan anak agar tidak salah dalam berteman. Orangtua yang mendidik anaknya dengan baik dan memberikan contoh yang baik juga maka anak tersebut akan tumbuh menjadi anak yang baik dan memiliki perilaku yang positif.

Terima kasih sudah membaca, dan semoga bermanfaat.


-= ☺☺☺☺☺=-

Comments

Popular posts from this blog

Trik dan Tips Bermain BLACK PS2

HIDUP TAPI MATI

MAHALNYA HARGA SEBUAH KEPERCAYAAN