PENGERTIAN MORAL DAN ETIKA

PENGERTIAN MORAL DAN ETIKA


http://kemlokogodong.blogspot.com/search/label/knowledge/pengertian-moral-dan-etika.html
kemlokogodong.blogspot.com
Pengertian Moral ialah ilmu pengetahuan atau wawasan yang menyangkut tentang budipekerti manusia yang beradab. Moral bisa di artikan juga perbuatan atau kelakuan baik maupun buruk.
Suatu ajaran tentang perbuatan atau kelakuan yang baik ialah Moralisasi. Dan kerusakan Moral ialah Demoralisasi.
Menurut asal usulnya, Moral di ambil dari bahasa latin yaitu Mores yang artinya aturan kesusilaan atau istilah yang sering di gunakan untuk menentukan batas-batas perbuatan yang layak di katakan benar salah atau baik dan buruk.

Pengertian Etika ialah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu upaya untuk menentukan perbuatan yang di lakukan manusia agar bisa di katakan baik ataupun buruk, dengan kata lain aturan atau pola-pola dari tingkah laku yang di hasilkan oleh akal manusia, karena adanya etika pergaulan dalam masyarakat atau bermasyarakat.
Etika sifatnya relatif yaitu bisa berubah-ubah sesuai dengan kemajuan zaman. Etika dapat di artikan juga sebagai ilmu yang mempelajari baik dan buruknya kehidupan, khususnya perbuatan manusia yang di dorong oleh kehendak dan didasari pikiran yang jernih serta pertimbangan perasaan.

Etika ialah cabang filsafat yang sederhana, yaitu kedisiplinan tentang baik dan buruk sikap dari tindakan manusia. Etika merupakan bagian filosofis yang hubungannya sangat erat dengan nilai-nilai manusia dalam menghargai suatu tindakan, apakah tindakannya benar atau salah dan juga penyelesaian baik atau tidak.

Etika menurut bahasa Yunani ialah Γ‘ethos yaitu kebiasaan atau tingkah laku. 
Jenis atau macam etika, yaitu;
Etika deskriptif, yaitu gambaran dan ilustrasi tingkah laku manusia yang di tinjau dari nilai-nilai baik dan buruknya serta hal yang mana yang boleh di lakukan sesuai norma etis yang di anut oleh masyarakat.
Etika normative yaitu, pembahsan atau kajian baik dan buruknya tindakan manusia.
Etika umum yaitu, pembahasan dari berbagai macam yang berhubungan dengan kondisi manusia untuk bertindak etis dalam mengambil berbagai macam kebijakan berdasarkan teori dan juga prinsip moral.
Etika khusus yaitu, etika yang terdiri dari etika sosial individu dan etika terapan.
  • Etika sosial   : tanggung jawab sosial dan hubungan antara sesama manusia dalam aktivitas yang di lakukan.
  • Etika individu : kewajiban manusia sebagai pribadi.
  • Etika terapan  : etika yang di terapkan pada sebuah profesi.

Dengan demikian moral dan etika mempunyai perbedaan tolak ukur pemakaian untuk mengukur tingkah laku manusia, yaitu adat istiadat, kebiasaan dan lain-lain yang berlaku di masyarakat. Etika dan Moral mempunyai arti yang sama akan tetapi sedikit berbeda pemakaiannya dalam kehidupan sehari-hari. Moral di gunakan untuk perbuatan yang sedang di nilai, sedangkan Etika di gunakan untuk sistem nilai yang ada.
Demikian pengertian serta perbedaan antara moral dan etika yang di kutip dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat.



Terima kasih kunjungannya ... jangan lupa follow dan share nya πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Comments

Popular posts from this blog

Trik dan Tips Bermain BLACK PS2

HIDUP TAPI MATI

MAHALNYA HARGA SEBUAH KEPERCAYAAN