CIRI ATAU TANDA PRIA SETIA

CIRI-CIRI PRIA SETIA

kemlokogodong.blogspot.com


Aspek kehidupan termasuk dalam hal urusan jodoh, dalam sebuah hadist Rosululloh SAW bersabda.
Perempuan di nikahi karena 4 aktor, yaitu karena: 
  1.  Hartanya
  2.  Nasabnya
  3.  Kecantikannya 
  4.  Agamanya
Maka menuntun wanita yg mempunyai agama, engkau akan beruntung(Hadist Riwayat Bukhori). Hadist ini mengisyaratkan bagaimana memilih jodoh yang baik, meski Nabi Muhammad SAW mendahulukan harta, nasab dan kecantikan, namun dalam akhir hadistnya mengatakan, bahwa sebaiknya memenangkan mereka yang baik agamanya. Agama seharusnya di jadikan kriteria utama ketika seseorang menentukan pasangan hidup. Orang yang baik agamanya pastinya memiliki ketaqwaan yang tinggi, sehingga akan membawa keluarga yang taat kepada aturan Allah SWT dan Rosul Nya. Dalam Alqur'an Allah SWT berfirman "Sesungguhnya yang paling mulia diantara kalian adalah yang paling bertqwa" (Al-Qur'an surat alhujarah ayat 13). Dengan penuh ketaqwaan maka sicalon jodoh ini, akan menjaga diri dari azab Allah SWT dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Untuk itu carilah jodoh yang taat kepada aturan Agama.

Rosululloh SAW juga bersabda "Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridhoi agama dan ahlaqnya maka limpahkanlah dia, jika tidak maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan besar" (Hadist riwayat tirmidzi).

Berikut adalah beberapa tanda dari lelaki yang setia pada pasangannya;
  • Mampu mengendalikan emosi
Pada dasarnya setiap pria akan memiliki ego nya sendiri yang bisa membuatnya sangat mudah emosi, namun pria yang setia memiliki kemampuan lebih untuk mengontrol emosinya, karena takut melukai hati dari pasangannya, saat diri nya emosi ia akan tetap mengeluarkannya namun tidak secara meledak-ledak. Pria seperti ini mampu memilih jenis kata-kata yang akan di gunakan saat sedang emosi.
  • Menghormati wanita
Pria setia memiliki penghormatan yang sangat tinggi terhadap wanita. Dia tidak pernah menempatkan wanita di bawahnya, ia juga selalu berusaha untuk mendengarkan dan menghargai pendapat  dari setiap wanita sekalipun hal tersebut sangat berbeda dengan prinsipnya, hal ini semata-mata mereka lakukan karena hanya ingin agar pasangannya selalu bahagia.
  • Tidak ingkar janji
Pria yang sering menepati janjinya bisa menjadi salah satu indikator bahwa  ia memiliki kesetiaan terhadap pasangannya. Mungkin ada kalanya dia tidak bisa menepati janjinya, namun hal ini lebih dikarenakan kondisi yang memang sangat tidak memungkinkan. Apabila hal ini terjadi, maka ia akan berusaha menjalin komunikasi dan meminta maaf secara tulus.
  • Percaya diri dan bertanggung jawab
Ciri-ciri pria setia selanjutnya adalah mereka yang tidak pernah mencoba-coba masalah percintaan. Pria setia sangat yakin dengan pilihannya dan tidak pernah ragu sedikit pun dengan seleranya terhadap wanita. Pria seperti ini tidak akan pernah mengorbankan hubungannya untuk sekedar mencoba-coba hubungan. Pria setia sangat percaya diri dan yakin bisa menghadapi setiap masalah yang ia miliki. Pria seperti ini sangat faham mengenai apa yang harus ia lakukan dalam hidupnya, tidak mudah putus asa dan menyerah, dirinya juga memiliki kemandirian yang sangat bertanggung jawab terhadap apa yang telah ia lakukan.
  • Jujur dan memiliki tujuan hidup
Jujur merupakan sifat yang sangat melekat dengan pria setia. Sikapnya begitu apa adanya dan tidak pernah mempermainkan perasaan pasangannya, selain itu memiliki tujuan hidup secara jelas. Pria seperti ini akan memiliki penjelasan yang sangat rinci mengenai pencapaiannya dalam jangka pendek dan panjang.

Khusus bagi seorang muslimah yang hendak memilih calon pendamping, ada satu kriteria dan penting untuk diperhatikan, yaitu;
Calon suami mempunyai kemampuan memberi nafkah, karena memberi nakah merupakan kewajiban seorang suami, islam telah menjadikan sifat menyia-nyiakan istri, anak-anak serta kedua orang tua dalam nakah termasuk dalam kategori dosa besar.

Rosululloh SAW bersabda "Cukuplah seseorang itu berdosa bila ia menyia-nyiakan orang yang menjadi tanggungannya" (hadist riwayat ahmad).

Suami yang sholeh akan bisa membahagiakan istri serta keluarganya dengan tidak memberi makan istri dan anak-anaknya kecuali dengan harta yang halal. Bagi seorang suami sholeh, istri dan anak-anaknya adalah amanah yang di berikan Allah SWT kepadanya. Maka ia akan menjaga dan memperlakukan anak istri dengan sifat-sifat terpuji dengan penuh kelembutan. Bagi seorang perempuan  tidak ada yang lebih berharga daripada  diperlakukan dengan penuh kelembutan dan sifat terpuji. Suami yang sholeh akan  selalu bersikap bijaksana dalam tindakan, jika terjadi perbedaan pendapat dengan istrinya yang di lakukaknya adalah mencari  titik temu bersama dengan kembali kepada kitab Alquran dan Hadis.

Tidak pernah ada jalan keluar yang salah yang di tawarkan Alquran. Rumah tangga mereka Insya Allah akan menjadi rumah tangga yang selamat  dijalan Allah SWT. Suami yang sholeh akan selalu merasa bahwa mencari ilmu merupakan salah satu bentuk jihad di jalan Allah SWT. Maka ini akan membuat dirinya, istrinya serta anak-anaknya untuk terus mencari ilmu dan mengamalkannya agar bisa bermanfaat bagi orang lain.

Adakah harta yang lebih berharga  daripada pendamping yang membawa keselamatan di dunia dan akhirat nanti?

Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA ... JANGAN LUPA FOLLOW AND SHARE NYA ...😄😄😄😄

Comments

Popular posts from this blog

Trik dan Tips Bermain BLACK PS2

HIDUP TAPI MATI

MAHALNYA HARGA SEBUAH KEPERCAYAAN