Jika Nalar Di Kalahkan Dengan Keadaan

Jika Nalar Di Kalahkan Dengan Keadaan


Membahas tentang nalar logika memang aneh di jaman sekarang ini. Ketika berfikir yang semestinya didasarkan pada nalar logika, tiba-tiba harus digantikan dengan cara-cara yang aneh atau bisa di katakan pemikiran yang didasarkan untuk keuntungan sekelompok orang, dengan di kemas sedemikian baiknya hanya untuk tujuan tertentu yang memberikan sebuah keuntungan pribadi maupun keuntungan beberapa pihak. Dengan sebuah dasar yang tak bernalar dijadikan seakan menjadi bernalar dan yang bernalar di anggap tak bernalar.

"Pendangkalan nalar, penumpulan daya kritis tidak datang dengan tiba-tiba. Bisa karena ketakutan, keterpaksaan ataupun karena hutang budi."

Jika nalar ditumpulkan, logika didangkalkan maka kebenaran dan kemanusiaan akan tergerus dan bahkan bisa hilang.

Seringkali tanpa sadar ataupun memang dengan sadar, sebuah kebenaran seolah menjadi hak suara terbanyak. Benar bila tidak didukung banyak orang akan dikalahkan bahkan dianggap suatu kegilaan.

Jika nalar logika sudah di kalahkan dengan keadaan, maka kecerdasan pun akan  hilang. Yang baik dan yang benar bisa disalahkan, dikalahkan bahkan dihakimi karena tidak adanya suara yang mendukung. Yang salah justru menjadi refleksi kedangkalan logika dan dijadikan pujaan dan kebenaran.

Jika nalar menghilang, jangan harap kemanusiaan akan menang dan jangan bermimpi keadilan akan datang, begitupun dalam sosial masyarakat awam akan berada di tingkat yang kronis dengan ketidak adaanya nalar. Yang benar bernalar pun akan kalah karena ketidak adaanya pendukung. Semua akan menjadi salah kaprah, yang benar itu salah dan yang salah itu benar.

Pada dasarnya sebuah nalar dijadikan tak bernalar itu semua hanya karena keadaan. Dan hampir semua yang melakukan itu hanya bertujuan untuk keuntungan pribadi atau paling mudah kita anggap bertujuan untuk mendapatkan apa yang dibutuhkannya, dengan membuang nalar yang penting mendapatkan apa yang dibutuhkan.

Comments

Popular posts from this blog

Trik dan Tips Bermain BLACK PS2

HIDUP TAPI MATI

MAHALNYA HARGA SEBUAH KEPERCAYAAN