TEMAN YANG BAIK ITU YANG BAGAIMANA

TEMAN YANG BAIK ITU YANG BAGAIMANA

Di dalam keseharian kita, sudah pasti kita dikelilingi oleh teman-teman yang selalu menemani kita. Entah itu di lingkungan kerja, di lingkungan tempat kita tinggal, dan lain sebagainya. Teman atau sahabat ialah orang-orang yang perlu kita perhatikan setelah keluarga karena tanpa mereka hidup kita mungkin akan terasa sepi. Terkadang, ketika kita ada masalah, tidak semuanya bisa kita bicarakan kepada keluarga. Di saat seperti inilah teman akan ada untuk kita. Teman bisa menjadi tempat untuk berbagi masalah dan kita bisa meminta pendapat mereka tentang masalah yang sedang kita alami.
Sebagai makhluk sosial, kita tentu ingin memiliki teman yang baik dan ingin menjadi teman yang baik. Beberapa ciri teman yang baik dan tulus,
Di antaranya ialah:

SELALU ADA KETIKA DIBUTUHKAN

Teman merupakan tempat di mana kita bisa bercerita apapun kepada mereka. Teman yang baik ialah mereka yang ada ketika kita terjatuh bukan mereka yang mendekat di saat mereka butuh, tapi menjauh di saat kita terjatuh.

TIDAK MENGHAKIMI

Teman yang baik ialah teman yang mampu mengerti posisi kita seperti apa. Apapun keadaan kita mereka tidak akan menghakimi dan mencoba untuk memahami posisi yang kita alami sekalipun kita berbuat salah. Tidak ada orang yang nyaman ketika dihakimi, apalagi yang menghakiminya ialah teman sendiri.

MAMPU MEMBERI MASUKAN DAN SELALU MENGINGATKAN KEPADA KEBAIKAN

Ketika kita akan melakukan sesuatu hal yang salah, teman yang baik pasti akan menegur dan memberi saran agar kita tidak melakukan hal itu, tentunya dengan cara yang baik agar kita tidak salah faham dan bisa menerima teguran dan sarannya. Karena mereka juga berhati-hati untuk menjaga perasaan kita.

Teman yang baik tentu tidak ingin melihat teman mereka berjalan di jalan yang salah. Nah, teman yang baik tidak akan pernah bosan mengingatkan kita ketika kita berbuat kesalahan. Sebagai manusia kita pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya kekeliruan. Teman yang baik tidak akan membiarkan kita ketika kita berbuat sesuatu yang keliru. Mereka mau memberikan masukan ketika kita berbuat salah dan mereka berani untuk mengatakannya kepada kita.

MAMPU MENJAGA RAHASIA

Teman yang baik pasti tidak akan pernah membicarakan rahasia kita sama orang lain. Mereka bisa menjaga rahasia kita tanpa dibuka sedikit pun kepada orang lain. Teman yang mampu menjaga rahasia ialah teman yang bisa kita percaya ketika kita ingin bercerita mengenai sesuatu hal yang sangat pribadi sehingga kita bisa nyaman ketika bercerita mengenai masalah kita.

MAMPU MENDENGARKAN/ PENDENGAR YANG BAIK

Ketika kita bercerita mengenai sesuatu hal kepada teman kita, tentu ingin teman kita mendengarkan dengan baik apa yang kita ceritakan, teman yang baik ialah teman yang mau mendengarkan segala masalah dan keluh kesah kita tidak peduli sesepele apa masalah yang kita ceritakan.

SELALU MEMBERIKAN DUKUNGAN

Dukungan ialah salah satu hal yang sangat penting ketika kita akan melakukan sesuatu dan teman yang baik ialah teman yang selalu memberikan kita dukungan terhadap apapun yang kita lakukan. Selama apa yang kita lakukan itu positif, maka mereka akan selalu mendukung kita meskipun orang lain meragukan kita.

MAU MEMINTA MAAF DAN MAMPU MEMAAFKAN

Yang namanya hubungan pertemanan, terkadang tidak lepas dari yang namanya konflik atau kesalahpahaman. Ketika kita salah, teman yang baik akan mampu dan mau memaafkan kesalahan kita. Begitupun sebaliknya, ketika mereka salah mereka tidak akan gengsi untuk meminta maaf kepada kita.

MAU MENOLONG

Teman yang baik tidak akan meninggalkan kita ketika kita mengalami kesulitan. Justru mereka akan selalu berusaha untuk membantu kita dengan segala kemampuan yang mereka miliki. Teman yang baik akan ada di saat kita senang dan di saat kita susah. Itu baru yang namanya teman sejati.
Semoga kita punya teman-teman yang baik seperti itu dan semoga kita juga bisa menjadi teman yang seperti itu. Teman yang baik termasuk anugerah dan teman yang baik akan mampu menemani hari-hari kita menuju kehidupan yang lebih baik.

NB : SEMOGA KITA DI JAUHKAN DARI TEMAN YANG KURANG BAIK. GOOD LUCK.

Comments

Popular posts from this blog

Trik dan Tips Bermain BLACK PS2

HIDUP TAPI MATI

MAHALNYA HARGA SEBUAH KEPERCAYAAN