PENGERTIAN DAN MANFAAT MAWAS DIRI

PENGERTIAN DAN MANFAAT MAWAS DIRI

Mawas diri adalah melihat atau mengoreksi diri sendiri secara jujur (introspeksi), kita harus mawas diri supaya kita tidak membuat kesalahan yang sama.

Mawas diri menurut Marbangun Hardjowirogo adalah melihat lebih dalam hati nurani, guna mengetahui benar atau tidaknya suatu tindakan yang telah di ambil. Secara teknis psikiologis biasa di sebut instropeksi, yang intinya adalah pencarian tanggung jawab ke hati nurani mengenai suatu perbuatan atau tindakan.

Adapun jawaban yang di cari ialah menelaah hati nurani dalam hubungan.
”mawas diri”, pernahkah kita berfikir tentang manfaat dan nilai sebuah cermin?

Mawas Diri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi pertama ialah sesuatu yang menjadi suritauladan atau pelajaran yang sebagaimana sesuatu itu dijadikan dasar untuk membayangkan perasaan atau isi hati dan keadaan batin.

Contoh perilaku mawas diri ialah bisa menempatkan Diri saat bergaul dengan semua orang dan bertidak dengan hati-hati demi kenyamanan bersama dan keamanan kita sendiri. Kita bertutur kata harus berhati-hati dan ditelaah lagi, ( pantas atau tidakkah saya berkata seperti ini atau seperti itu?).

Manfaat dan dampak dari perilaku mawas diri. Kita dapat bercermin terhadap semua yang kita lakukan, Kita akan lebih dihargai oleh orang lain, Kita menjadi orang yang rendah hati.

Dapat disimpulkan bahwa Mawas diri ialah sikap yang sangat berguna bagi kita, karena selain bisa bercermin terhadap semua yang kita lakukan, kita juga dihargai oleh orang lain. Jadi, kita harus bisa menerapkan perilaku Mawas Diri dalam kehidupan sehari-hari.

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.☺☺☺

Comments

Popular posts from this blog

Trik dan Tips Bermain BLACK PS2

HIDUP TAPI MATI

MAHALNYA HARGA SEBUAH KEPERCAYAAN